10 Cara Menghemat Biaya Pernikahan

Februari 2017

Mempersiapkan dana menikah yang tidak sedikit sebaiknya dikumpulkan jauh hari sebelum hari pernikahan, khususnya bagi Anda yang tidak ingin bergantung kepada orangtua, idealnya 2-3 tahun sebelumnya dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan setiap bulannya. Dengan begitu maka tidak akan terjadi kepanikan mengetahui biaya yang keluar saat mempersiapkan pernikahan nanti.

Untuk menghemat biaya pernikahan sebenarnya banyak cara untuk dilakukan oleh calon pengantin. Mereka akan berpikiran untuk apa membuang banyak biaya, sementara kebutuhan lainnya yang lebih real membutuhkan perhatian. Namun ada juga yang kontra karena mereka berpendapat bahwa menikah itu satu kali dan harga diri keluarga besar seakan dipertaruhkan bila mengadakan pesta “yang biasa-biasa” saja. Bagi Anda yang tertarik membaca artikel ini, tentu saja tertarik dengan konsep hemat untuk mengadakan sebuah pesta pernikahan. Ada 10 cara untuk menghemat biaya pernikahan anda.

 
Lalu berapa sih dana yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan pesta pernikahan?
Dari hasil diskusi dengan beberapa teman yang telah menikah, rata-rata pengeluaran biaya menikah dengan menyewa gedung di Jakarta adalah sekitar Rp 150juta–Rp 300 juta tergantung dari jumlah tamu dan lokasi gedung. Sedangkan dengan menyewa aula pertemuan adalah sekitar Rp 70juta–Rp 150juta tergantung dari jumlah tamu dan luas aula. Beberapa teman memutuskan untuk mengadakan di rumah selain lebih hemat, mereka percaya bahwa pengeluaran kebutuhan berumahtangga jauh lebih penting daripada pesta pernikahan yang mewah.

Lalu bagaimana jika hari pernikahan sudah mendekat namun dana yang tersedia kurang dari yang diharapkan?

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu sesuaikan konsep pernikahan Anda dengan anggaran yang dimiliki. Jangan menyelenggarakan acara yang melebihi dari kemampuan finansial Anda dan pasangan. Ada beberapa tip yang harus diperhatikan yaitu:

1. Ambilah Paket Pernikahan Lengkap
 Manfaatkan berbagai paket pernikahan lengkap dari vendor bridal yang biasanya sekaligus bekerjasama dengan vendor-vendor penting lainnya. Harga yang mereka tawarkan untuk paket pernikahan biasanya jauh lebih murah dibandingkan bila Anda mendatangi satu persatu vendor penyedia jasa untuk pesta pernikahan Anda.
 
Salah satu vendor  yang bisa dijadikan referensi adalah http://auratent.com/paket/

2. Gunakan Teknologi Digital
Zaman canggih seperti saat ini terwujud dari pemikiran orang-orang yang ingin menyederhanakan kebutuhan tiap manusia. Gunakan fasilitas ini untuk membuat undangan dan menyebarkannya kepada tamu undangan. Desain undangan pun bisa Anda buat secara online atau menggunakan software seperti CorelDraw. Internet ada untuk membantu Anda membuat desain. Cari gambar-gambar terbaru di internet yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk membuat undangan. Dalam pesta pernikahannya pun, Anda bisa memanfaatkan teknologi ini untuk memberi kesan meriah dengan diputarnya lagu-lagu dari iPod atau laptop Anda. Tidak perlu menggunakan jasa band pengisi pesta pernikahan yang tentunya akan menguras dana Anda.
 
3. Buat Planning yang tepat
Semakin jauh waktu yang digunakan untuk persiapan, semakin banyak keuntungan dan biaya yang bisa dipangkas. Pemesanan wedding venue atau hotel ballroom biasanya akan menggunakan harga yang mengikat mengikuti tahun sebelumnya bila dipesan jauh-jauh hari. Waktu persiapan yang relatif lama, memungkinkan calon pengantin mencari vendor dan kebutuhan pernikahan dengan harga yang sesuai budget namun kualitas yang maksimal. Pesanan kartu undangan atau souvenir pun akan jauh lebih murah jika waktunya tidak terlalu dekat.

Selain itu, hindari tanggal-tanggal yang banyak diminati orang untuk mengantisipasi lonjaknya kenaikan harga. Kecendrungan pemilihan tanggal yang mudah diingat karena tergolong “tanggal cantik” menyebabkan para vendor menggandakan harga untuk mengatasi lonjakan permintaan. Menikah di hari kerja juga dapat menjadi alternative menghemat biaya karena harga yang ditetapkan di hari kerja jauh lebih murah daripada di akhir pekan.

4. Berhemat dengan dekorasi sederhana
Dekorasi ruangan pesta biasanya akan memakan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, memilih wedding venue yang telah memiliki dekorasi interior yang sudah cantik dan menawan tidak membutuhkan banyak tambahan dekorasi. Berarti akan ada penghematan yang lebih banyak lagi dari segi dekorasi. Pilihlah dekorasi ruangan yang sederhana namun elegan.

Konsep pesta yang direncanakan juga memegang andil yang besar akan pengeluaran biaya. Semakin detail yang ingin dikerjakan, semakin banyak usaha dan tentunya biaya yang harus disiapkan. Bila menghemat biaya adalah tujuan Anda, tetaplah berpegang pada konsep sederhana. Semuanya dikembalikan pada fungsinya. Alih-alih menggunakan kartu undangan dengan kertas dan kemasan khusus, lebih baik Anda menggunaan format undangan yang lebih sederhana, dengan kertas biasa namun dapat menimbulkan kesan elegan dan “tidak murahan”.

5. Manfaatkan pertemanan dan Self Service

Berpikirlah secara kreatif untuk menemukan penghematan-penghematan lainnya yang datangnya dari momen kecil yang tidak terduga. Misalnya Anda biasanya lebih tertarik pada pesta yang menggunakan jasa pelayan untuk melayani Anda dan setiap tamu undangan. Kali ini berpikirlah secara berbeda bahwa setiap tamu undangan memiliki potensi untuk melayani dirinya sendiri. Tanpa bermaksud merendahkan setiap tamu undangan yang hadir, pesta dengan mode self-service ini justru akan merekatkan hubungan antar tamu undangan.

Harga teman pastilah banyak membantu menghemat biaya. Punya banyak teman yang bisa membantu melancarkan pesta pernikahan Anda dengan kemampuan yang mereka miliki adalah salah satu cara terampuh yang dapat ditempuh calon pengantin. Beberapa teman baik bahkan tidak mengenakan biaya apapun untuk bantuan yang mereka tawarkan. Mereka banyak yang menawarkan bantuan untuk berpartisipasi dalam pesta Anda karena bantuan mereka jauh lebih berharga daripada hadiah lainnya yang a la kadarnya.

6. Mengklasifikasikan tamu undangan dengan tepat

Pernikahan di Indonesia memang terkenal dengan pernikahan yang mengundang ratusan hingga ribuan tamu (yang mungkin juga tidak dikenal oleh kedua mempelai karena tamu-tamu itu adalah tamu dari orang tuanya). Perlu beberapa klasifikasi tamu yang harus disiapkan untuk lebih mudah memangkasnya. Pada dasarnya, semakin banyak tamu yang diundang semakin besar budget yang harus dipersiapkan.
 
7. Meminjam lebih baik daripada membeli
Menggunakan gaun pengantin yang sama waktu ibu Anda menikah atau menggunakan perhiasan warisan dari nenek sewaktu ia menikah dulu adalah cara lain untuk menghemat biaya. Beberapa pengantin yang berpikiran praktis banyak yang lebih memilih meminjam gaun pengantin dari bridal dibandingkan harus mengeluarkan biaya lebih untuk membeli yang baru.

Foto-foto lama di atas meja jati kuno yang dimiliki orang tua Anda akan menambah kesan personalisasi a la vintage yang kini menjadi tren dekorasi. Dengan barang-barang pinjaman ini banyak biaya yang dapat dipangkas.
 

8. Menu Hidangan
Untuk urusan makan, Anda tidak perlu membuang-buang dana untuk sesuatu yang pasti tidak akan dimakan seperti fondant misalnya. Pilihlah jenis makanan yang secara general disukai oleh semua orang baik itu Anda dan pasangan Anda maupun para tamu undangan yang hadir. Buat semuanya dalam bentuk kecil dan siap makan. Anda juga bisa menggunakan alternatif untuk membeli beberapa jenis makanan yang bisa dikombinasikan sendiri sesuai dengan keinginan tamu undangan.
 
9. Buang pengeluaran yang tidak perlu
Ketika Anda datang sebagai tamu undangan, Anda mungkin tidak akan begitu memperhatikan kue tart besar yang ada di sebuah meja atau sebuah es yang diukir menjadi inisial nama pasangan. Bahkan bisa jadi keberadaan dua jenis barang yang entah fungsi utamanya apa ini menjadi mengganggu perbincangan antar tamu undangan. Persiapkan saja makanan yang akan pasti dimakan dan dekorasikan dengan beberapa sentuhan sesuai dengan tema pernikahan Anda.
 
10. Souvenir
Membeli souvenir yang bermanfaat dengan harga terjangkau. Jangan membeli souvenir yang harganya melebihi budget yang ada, sebaiknya disesuaikan dengan anggaran yang ada. Banyak jenis-jenis souvenir yang bagus tapi harganya murah.
 
Demikianlah beberapa tip agar dapat menghemat biaya pernikahan anda.