6 Tips Untuk Menghemat Uang dalam menghadapi Pernikahan

Pernikahan perlu adanya persiapan yang matang, memang akan ada banyak sekali hal-hal yang perlu dipersiapkan. Selain persiapan fisik yang akan menguras tenaga, prosesi pernikahan juga akan membuat Anda harus mempersiapkan hal-hal nyata dibalik prosesi resepsi tersebut. Persiapan pernikahan ini memang harus Anda rencanakan jauh-jauh hari sebelum waktu pelaksanaan tiba. Dari adanya perencanaan ini saja bisa ada beberapa hal pada perencanaan penyelenggaraan pernikahan yang salah atau tidak terealisasi sesuai rencana yang ada. Apalagi jika Anda tidak melakukan perencanaan. Lalu seperti apakah kesalahan-kesalahan yang seringkali tidak terealisasi dan gagal dalam perencanaan pernikahan ini?

Setelah acara lamaran dan pertunangan, para calon pengantin harus menghadapi bagian pra-pernikahan, bagian ini adalah  merencanakan resepsi.

Ada beberapa hal yang harus Anda pelajari demi menghemat uang untuk proses pernikahan. Anda pun akan mengerti bahwa walau menjadi upacara sekali seumur hidup, pernikahan bukan sesuatu yang harus menyita seluruh pikiran dan terutama biaya.

Mengutip dari lifehack.org, berikut ini tips-tips untuk menghemat uang dan waktu dalam merencanakan resepsi:

1. Orang-orang paling mengingat dua hal ini dari pesta pernikahan: makanan dan perasaan

Bertahun-tahun setelah pesta pernikahan, tidak ada lagi orang-orang yang akan mengingat seperti apa bentuk undangan, bunga, dan kue pernikahan Anda. Bagaimanapun, kalau makanan pernikahan itu enak, dan mereka menikmati waktu mereka di acara Anda, mereka akan mengingatnya.

2. Kartu undangan pada akhirnya berakhir di kotak sampah

Kecuali salah satu tamu undangan Anda merupakan kolektor kartu undangan, tidak ada yang akan menyimpan kartu undangan pernikahan Anda. Perlu menjadi perhatian Anda dan pasangan yang ingin membuat kartu yang paling menggambarkan kalian, namun pada akhirnya, kartu itu akan berakhir di kotak sampah. Jadi tidak perlu bayar terlalu mahal untuk kartu undangan.

3. Sering-sering browsing situs tentang pernikahan

Di internet, Anda bisa mencari tahu info tentang pernikahan, bagaimana mendapat budget lebih murah dan mencari lokasi yang tepat untuk resepsi Anda. Coba cari cerita-cerita dari orang yang sudah menikah.

4. Banyak cara menghemat biaya gaun pengantin

Rata-rata gaun pengantin bisa bernilai US$ 1.300 dolar atau kurang lebih setara Rp 14,3 juta. Dana yang digunakan untuk gaun pengantin tersebut sungguh mahal untuk kategori dipakai sekali. Padahal, Anda bisa menyewa atau mengambil Paket Wedding. Paket ini dapat menghemat keuangan anda.

5. Mencari Vendor Paket Wedding

Carilah vendor yang sudah berpengalaman dan profesional serta lengkap, ini sangat membantu anda dalam persiapan resepsi. Vendor yang menawarkan Paket Wedding lengkap biasanya jarang sekali, tapi sekarang anda bisa buka di http://auratent.com/. Mudah-mudahan ini bisa membantu anda.

6. Tidak perlu terpaku pada katering yang sama

Makanan dan minuman merupakan hal yang paling berkesan dari pesta pernikahan, Anda harus berfokus pada hal ini. Memang tidak seharusnya membayar lebih, karena makanan sederhana, jika dimasak dengan baik bisa jadi makanan yang berkesan. Bagaimanapun, tugas Anda adalah membuat makanan terlihat lebih menggoda. Tapi coba pilih-pilih lagi, lebih baik bayar kurang untuk makanan demi hiasan atau gaun pengantin atau bayar harga yang pas?

Demikianlah beberapa tips untuk menghemat biaya pernikahan, mudah-mudahan bermanfaat buat anda yang akan melaksanakan acara pernikahan, semoga sukses.

Salam dari team Auratent Decoration.